Apa Virus MERS? Ini Penjelasannya

In Gadget

Apa Virus MERS? Tentunya mencegah lebih bagus daripada mengobati, untuk itulah sebaiknya anda mengerti apa virus Mers dengan begitu dapat menghindari hal-hal yang menyebabkan penularan serta mengetahui gejala jika sudah terinfeksi untuk penanganan lebih dini. Virus Mers menjadi bahan perbincangan global beberapa minggu belakangan ini setelah pemerintah Saudi mengumumkan bahwa negaranya sedang mengalami penyebaran virus Mers secara intens.
apa virus mers
Apa Virus MERS?
Virus MERS merupakan singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome yaitu merupakan virus menyebabkan penyakit pernafasan. Virus ini pertama kali dilaporkan di Saudi Arabia pada tahun 2012. Virus MERS merupakan virus jenis Corona dan secara medis diberi nama MERS-CoV. Pasien yang telah positif terinfeksi oleh MERS mengalami penyakit pernafasan akut.

Apa Gejala Terinfeksi Virus MERS?
Pasien yang sudah terinfeksi akan mengalami gejala seperti halnya penyakit influenza yaitu demam, batuk yang menyebabkan nafas menjadi pendek, sesak nafas dan pada beberapa kasus, pasien mengalami diare , serta disertai komplikasi serius seperti gejala pneumonia hebat yang mengakibatkan kematian. Saat ini lebih dari 30% pasien yang terinfeksi akan meninggal dunia.

Bagaimana Penularan Virus MERS?

Seperti halnya virus pada penyakit pernafasan, virus MERS bisa ditularkan dengan cara:
1. Penularan langsung melalui cairan penderita yang batuk atau bersin.
2. Penularan tidak langsung melalui sentuhan benda-benda yang telah terkontaminasi virus.
3. Kontak langsung dengan penderita.
Mengingat cepat dan mudahnya penularan virus MERS, hendaknya kita berhati-hati dalam penanganan pasien dengan gejala yang telah disebutkan diatas. Secepatnya segera menemui dokter agar diberi penangangan medis dan pasien di isolasi dari kontak luar.

Bagaimana Mencegah Penyebaran Virus MERS?
– Lakukan pola hidup sehat dan seimbang untuk senantias menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.
– Jika mengalami gejala influenza, lakukan pencegahan untuk meminimalisir penyebaran virus dengan cara menunda bepergian, menutup mulut ketika bersin, gunakan masker, dll.
– Cuci tangan secara teratur dengan sabun antiseptik, terutama setelah menyentuh fasilitas umum seperti toilet umum, eskalator, dll

Tidak ada pengobatan yang secara spesifik dapat menyembuhkan dari penyakit pernafasan akibat virus MERS, bahkan belum ditemukan vaksin untuk virus ini. Pengobatan hanya dilakukan untuk mengurangi gejala penyakit ini dan meningkatkan imun tubuh.

Saat berita ini diturunkan, di Indonesia masih belum ditemukan kasus infeksi virus MERS. Namun saat ini sudah menyebar di 15 negara di dunia. Dengan mudahnya transportasi saat ini, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat negara kita akan mengalami serangan virus mematikan ini.

Belum diketahui bagaimana awal mula sehingga virus MERS ini ada. Ada berita yang menyebutkan bahwa virus ini dari unta. Namun hal itu belum terbukti secara ilmiah dan diyakini sebagai upaya untuk mendiskreditkan Islam.

Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan tentang apa virus MERS dan mencegah penyebarannya mulai dari diri sendiri.

Tags: #apa virus mers #gejala virus mers #mers #virus mers

author
Author: 
Profil Dan Biodata Arumi Bachsin Lengkap Dengan Foto Profilnya
Profil Dan Biodata Arumi Bachsin Lengkap Dengan Foto Profilnya
Arumi Bachsin merupakan artis muda yang berkebangsaan
Pemain FTV Indosiar Paling Populer Dan Profesional
Pemain FTV Indosiar Paling Populer Dan Profesional
Film televisi atau dalam bahasa Inggris disebut
Biodata Terlengkap Giorgino Abraham Pemeran Sakti ‘Rajawali’
Biodata Terlengkap Giorgino Abraham Pemeran Sakti ‘Rajawali’
Giorgino Abraham adalah salah satu aktor tampan
Must read×

Top