Corona

Cara Pencegahan Virus Corona yang Penting untuk Diperhatikan

Saat ini permasalahan tentang virus Corona sedang menjadi perhatian di seluruh sudut dunia. Meskipun tingkat kematian akibat virus ini terbilang rendah, nyatanya jumlah penduduk yang terinfeksi sangat cepat bertambah. Hingga saat ini saja 180.000 orang di 152 negara terinfeksi oleh virus ini. Maka dari itu, adanya pencegahan virus Corona perlu untuk diperhatikan.

pikiran-rakyat.com

Cara Pencegahan Virus Corona, yang Penting untuk Diperhatikan

Lalu sebenarnya apa yang membuat virus Corona menyebar dengan mudah? Sebenarnya, virus Corona memiliki metode penyebaran yang mirip dengan flu biasa. Virus ini akan menyebar melalui cairan atau lendir yang keluar dari alat pernapasan orang yang terinfeksi.

Virus yang keluar tersebut kemudian tak sengaja disentuh oleh orang lain, dan bagian yang tubuh yang tersentuh digunakan untuk memegang wajah, maka dengan mudah virus ini akan menjangkit orang tersebut.

Kemudahan tingkat penyebaran tersebut tentunya menjadi dasar perlunya pencegahan terhadap virus ini. Di bawah ini ada cara-cara pencegahan virus Corona yang dapat dilakukan.

Menjaga Kebersihan

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “kebersihan sebagian dari iman”. Tidak hanya iman, kebersihan juga dapat menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit. Corona yang termasuk menular melalui cairan ini bisa dihindari jika anda mempraktekkan pola menjaga kebersihan yang baik. Menjaga kebersihan yang baik tersebut bisa dimulai dari sering mencuci tangan setiap keluar dan masuk ruangan.

Menjaga kebersihan tangan menjadi hal yang sangat penting. Sebagai salah satu indra penggerak yang paling banyak digunakan, tentunya kita selalu menggunakan tangan untuk berbagai aktivitas. Oleh karena itu, bagian tangan adalah yang paling rentan menjadi tempat menempelnya virus ini.

Sebenarnya, jika virus ini hanya menempel di tangan saja anda tidak akan terjangkit virus ini. Yang jadi masalah ketika tangan yang telah tertempel virus, anda gunakan untuk menyentuh wajah anda. Virus tersebut dapat menjalar pada hidung atau mulut melalui perantara tangan.

Untuk membersihkan tangan, anda bisa menggunakan cairan desinfektan yang banyak dijual di pasaran. Secara kimiawi alkohol dalam antiseptik dapat membunuh virus yang mungkin menempel pada tangan anda. Jika membeli desinfektan terlalu mahal, anda cukup membersihkan tangan menggunakan air dan sabun saja. Virus tidak akan menempel kuat pada lapisan kulit. Oleh karena itu, membasuh dengan air akan menjadi pencegahan virus Corona yang paling mudah.

Melakukan Social Distancing

Social distancinng akhir-akhir ini menjadi istilah yang tidak asing bagi setiap orang. Pasalnya, setelah dunia memutuskan wabah virus Corona sebagai pandemi, maka banyak kebijakan negara-negara mulai meminta warganya melakukan social distancing.

Apa itu social distancing? Social distancing adalah sebuah kondisi dimana seseorang membuat jarak kepada makhluk sosial lainnya. Artinya seseorang harus menjaga jarak dengan orang lain namun tetap menjalin komunikasi seperti biasanya. Kegiatan ini memang sangat tepat untuk mencegah penyebaran dari virus Corona. Dengan mengurangi keterlibatan diri dengan orang lain, maka kemungkinan penyebaran virus akan terhenti.

Kegiatan ini mulai banyak dilakukan di Indonesia, kini banyak perusahaan-perusahaan yang membolehkan pekerjanya melakukan pekerjaannya dari rumah. Social distancing juga dapat berarti menghindarkan diri dari tempat keramaian, dengan menjauhi kerumunan manusia lain tentu juga menjadi pencegahan virus Corona yang efektif.

Hidup Sehat dengan Olahraga dan Menjaga Pola Makan

Kedua hal sebelumnya tadi merupakan sebuah usaha dari luar diri seseorang. Untuk mencegah suatu penyakit juga perlu adanya pencegahan dari dalam diri. Olahraga dan pola makan merupakan hal yang dapat memberikan anda kekuatan dalam menjauhkan diri dari virus ini.

Meskipun sedang melakukan social distancing, kegiatan olahraga harus tetap dilakukan. Banyak sekali olahraga dalam rumah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran. Jenis-jenis olahraga ringan seperti push up, sit up, squat dan angkat beban dapat menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran anda. Selain itu bisa juga dengan menyapu rumah selama 30 menit saja untuk menjaga kebugaran tiap harinya.

Selain berolahraga, menjaga pola makan juga akan memberikan kekuatan dari dalam diri anda. Memakan makanan yang sehat dan bergizi tentunya akan meningkatkan imunitas tubuh. Baik olahraga dan menjaga pola makan dapat menjadi cara pencegahan virus Corona.