Corona

Cara Virus Corona Menginfeksi Tubuh Manusia, Penting untuk Diketahui

Sudah menjangkit 180.000 lebih orang di 152 negara, virus Corona kini seakan menjadi momok yang sangat menakutkan. Kekhawatiran akan adanya virus ini sebenarnya tidak hanya dari kecepatan penyebarannya saja. Pasalnya, virus ini memiliki gejala awal yang sulit untuk dideteksi. Maka dari itu, penting untuk diketahui terkait cara virus Corona menginfeksi tubuh manusia.

kids.grid.id

Cara Virus Corona Menginfeksi Tubuh Manusia

Serupa dengan flu, virus Corona juga memulai masa inkubasinya dengan gejala pilek dan batuk. Yang menjadi pembeda, jika flu biasa di kemudian hari akan menjadi kembali normal, sementara Corona akan membuat orang yang terinfeksi menderita pilek dan batuk yang semakin parah dan akhirnya membuat terjadinya penurunan fungsi paru-paru hingga 30%.

Perlu diingat, semakin parahnya virus ini tergantung dengan tingkat kekebalan tubuh seseorang. Umumnya orang yang memiliki tingkat kekebalan tubuh baik tidak akan mengalami permasalahan yang serius jika terinfeksi virus yang satu ini. Lalu sebenarnya bagaimana cara virus Corona menginfeksi tubuh manusia? Dibawah ini adalah penjelasannya.

Dari Hewan ke Manusia

Secara umum, sebenarnya virus yang satu ini berasal dari hewan atau yang dalam ilmu kesehatan disebut dengan zoonosis. Virus ini diduga memang berawal dari salah satu hewan yaitu kelelawar. Dari beberapa penelitian, virus ini ditemukan pada tubuh dan kotoran kelelawar.

Meskipun berada di dalam tubuh kelelawar, virus ini tidak membunuh kelelawar tersebut karena dugaan sementara virus ini adalah sel imun dari hewan ini. Karena sel virus tersebut justru adalah sel imun, maka virus Corona tidak membuat kelelawar menjadi sakit olehnya.

Berbeda kasus, jika virus tersebut masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk masuk ke dalam tubuh manusia, kemungkinan besar virus yang berada dalam hewan masuk bersama daging yang disantap. Karena menganggap sel virus dalam daging adalah benda asing, tubuh manusia jadi berusaha melawannya. Hal tersebut yang kemudian membuat manusia jadi sakit karena virus ini. Cara virus Corona menginfeksi tubuh manusia lewat perantara hewan ini memang masih sering diperdebatkan.

Cara Penyebaran Melalui Sesama Manusia

Setelah menyebar melalui hewan, cara penyebaran melalui manusia yang kemudian menjadi akar dari cepatnya penyebaran virus Corona di seluruh dunia. Sama dengan virus flu lainnya, Corona bisa menyebar melalui cairan atau droplet dari mulut atau hidung orang yang sudah terinfeksi virus ini.

Tidak perlu menunggu parah untuk manusia dapat menyebarkan virus ini ke manusia lainnya. Bahkan virus yang masih baru di tubuh saja langsung bisa menyebar karena droplet tersebut. Yang lebih parah lagi, droplet yang dapat menjadi perantara bukan hanya droplet yang baru saja, bahkan droplet yang menempel pada permukaan benda juga bisa menjadi awal penyebaran virus yang satu ini.

Dari segi morfologi, virus ini memang memiliki bagian-bagian runcing yang dapat digunakan untuk menempel pada suatu permukaan. Namun kemampuan menempel virus Corona juga ada batasnya, bahkan hanya dengan bilasan air saja virus ini mampu terlepas dari permukaan dan akhirnya mati.

Cara virus Corona menginfeksi tubuh manusia, biasanya akan masuk melalui mulut, lubang hidung dan mata. Dari ketiga lubang di wajah tersebut, virus ini akan bergerak menuju ke bagian tenggorokan. Di sana virus Corona akan mulai mengacaukan fungsi tubuh.

Awalnya virus ini akan membuat tubuh mengalihkan metabolismenya hanya untuk pertumbuhan virus ini. Setelah virus Corona semakin banyak berkembang, mereka akan mulai menginfeksi sel-sel yang ada di sekitarnya. Setelah itu, virus ini mulai menginfeksi bagian paru-paru. Penempelan pada paru-paru dapat membuat terganggunya sistem yang ada di paru-paru.

Membran-membran mukosa yang sudah terinfeksi akan membuat paru-paru bekerja dengan lebih ekstra. Hal ini yang kemudian membuat pengidap virus Corona akan merasakan sesak nafas. Tidak hanya paru-paru, virus ini juga dapat mengganggu organ-organ lain.

Dalam beberapa kasus virus Corona juga menyebabkan masalah di bagian gastrointestinal yang kemudian membuat orang yang terinfeksi mengalami diare. Tentunya cara virus Corona menginfeksi tubuh manusia tersebut membutuhkan waktu, waktu inkubasi virus ini berlangsung selama 14 hari.