Corona

Kenali Gejala Virus Corona Atau COVID-19 dan Mulai Pencegahannya

Kali ini seluruh dunia digemparkan dengan adanya wabah baru yang sangat mengkhawatirkan. Bukan hanya dikategorikan sebagai penyakit, namun bisa dibilang sebagai sebuah virus. Istilah virus pastinya sudah tidak asing lagi. Terlebih lagi kini hampir seluruh dunia telah terserang wabah virus COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona. Gejala virus Corona ini memang perlu diwaspadai.

Kenali Gejala Virus Corona Atau COVID-19 dan Mulai Pencegahannya

Perlu diketahui bahwa gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan beberapa penyakit umum yang sering dialami oleh seseorang seperti flu dan juga demam. Tidak heran kini jika banyak orang yang sudah terjangkit virus Corona bahkan meninggal akibat kurangnya pencegahan atau antisipasi. Oleh karena itu, dibutuhkan pengenalan bagi setiap orang mengenai wabah virus COVID-19 ini.

Gejala Virus Corona Mirip Dengan Flu

Wabah penyakit memang bisa datang kapan saja. Bahkan menyerang tanpa disadari hingga akhirnya mengakibatkan kematian karena kurangnya kesadaran. Hal ini juga terjadi di era sekarang yang sedang diricuhkan dengan adanya penyebaran virus Corona. Awalnya virus ini hanya bertumpu pada satu negara saja. Hingga akhirnya menyebar ke berbagai negara di belahan dunia.

Virus memang mudah menyebar, penularannya memang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Objek penularannya pun tidak memandang gender ataupun usia. Hal ini yang sedang dialami oleh masyarakat Indonesia. Virus Corona ini telah masuk ke Indonesia sudah ada beberapa masyarakat yang diisolasi. Benarkah gejala virus Corona menyerupai Flu?

Memang benar bahwa gejalanya hampir sama dengan flu biasa. Terkadang banyak orang yang merasa bahwa gejala yang dialami memang seperti sakit biasa. Misalnya bersin-bersin, demam, batuk, dan tenggorokan sakit. Namun bisa jadi hal tersebut merupakan gejala yang ditimbulkan dari virus Corona. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan atau cek untuk berjaga-jaga dari virus Corona.

Apa Saja Gejala Virus Corona pada Tubuh?

Virus Corona ini menyerang pernapasan pada tubuh. Sehingga gejala yang paling identik jika terserang virus Corona adalah pernapasan yang tidak stabil atau bisa dibilang sesak napas. Namun ada beberapa gejala awal yang perlu diwaspadai. Diantaranya adalah batuk-batuk. Mungkin kondisi ini terkesan biasa saja, namun jika diabaikan bisa jadi merupakan gejala virus Corona.

Selanjutnya adalah demam tinggi. Gejala ini juga bisa dikatakan sangat umum. Sama halnya dengan gejala yang sebelumnya, anda tidak boleh mengabaikan gejala ini dan segera diperiksakan jika mengalami demam. Apalagi demam yang dirasakan sudah sangat tinggi. Kurang lebih jika sudah mencapai 38 derajat. Oleh karena itu, anda harus waspada jika sudah terkena demam.

Gejala virus Corona yang paling ditengarai adalah sesak napas. Seperti yang diketahui bahwa COVID-19 ini muncul dan menyerang sistem pernapasan pada bagian paru-paru. Orang yang terjangkit virus Corona akan mengalami sesak napas yang berlebihan. Infeksi yang lebih parah akan menimbulkan beberapa gejala diantaranya edema paru hingga kegagalan fungsi organ tubuh.

Gejala ini juga akan membuat fungsi jantung berhenti. Hal inilah yang nantinya mengakibatkan banyak orang meninggal. Virus memang tidak terlihat namun jika sudah menyerang, maka akan sangat sulit untuk disembuhkan. Vaksinasi memang alternatif yang bisa dilakukan, namun hal yang paling tepat untuk mencegah penyebaran virus adalah menjaga kesehatan.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencegah gejala virus Corona adalah mencuci tangan, antisipasi menggunakan sanitizer, menggunakan masker, hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit, kemudian meningkatkan daya tahan tubuh agar imun lebih kuat. Sebab, virus tidak akan mampu membunuh jika sistem imunitas kebal dan kuat.