Corona

Penanganan Virus Corona Secara Tepat

Beberapa waktu terakhir kita sering mendengar akan virus Corona yang menyebar secara cepat di berbagai wilayah, baik luar maupun dalam negeri. Sebenarnya apa dan seberapa bahayanya virus ini? Corona atau acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS Cov-2). Virus ini merupakan jenis virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini disebut juga dengan COVID-19 merupakan jenis virus yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, hingga dapat berujung pada kematian. Lalu bagaimana penanganan virus Corona yang penyebarannya sangat cepat ini?

Penanganan Virus Corona Secara Tepat
kompas.com

Penanganan Virus Corona Secara Tepat

Virus Corona adalah salah satu virus baru dari Coronavirus yang menyerang tubuh manusia. Jenis virus ini menyerang berbagai jenis kalangan, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil dan menyusui. Virus ini pertama kali menyebar cepat di kawasan Wuhan, Cina. Dikarenakan penyebarannya yang cukup cepat dan singkat, maka saat ini virus ini telah sampai di Indonesia.

Virus jenis ini secara garis besar menyerang atau menginfeksi sistem pernapasan yang ditandai dengan infeksi pernapasan ringan seperti flu. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang sedang menurun, maka virus ini dapat menyebabkan adanya infeksi pernapasan berat seperti pneumonia atau infeksi paru-paru.

Gejala Umum Virus Corona

Gejala umum yang dapat terjadi jika seseorang terserang virus Corona adalah demam biasanya suhu tubuh hingga mencapai 38 Celcius, batuk, hingga sesak napas. Menurut penelitian para ahli, gejala virus Corona muncul dalam jangka waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah penderita terpapar virus tersebut.

Virus Corona ini ditandai dengan adanya gejala awal pada penderita mengalami gejala flu pada umumnya seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, demam. Atau gejala infeksi pernapasan berat yang ditandai dengan demam tinggi, sesak napas, batuk berdahak hingga berdarah serta adanya rasa nyeri pada dada.

Penyebab Virus Corona

Infeksi COVID 19 atau virus Corona disebabkan oleh adanya Coronavirus yang merupakan kelompok virus yang dapat menginfeksi sistem pernapasan. Terdapat dugaan bahwa virus Corona awal mulanya ditularkan dari hewan kepada manusia. Akan tetapi, pada kenyataannya jenis virus ini dapat menular dari manusia ke manusia.

Seseorang dapat terkena atau tertular virus Corona ini melalui berbagi cara, antara lain adanya kontak yang terlalu dekat dengan penderita COVID 19 sebelumnya. Dalam hal ini, sebagai contoh adanya kontak langsung (bersentuhan atau berjabat tangan).

Tidak sengaja terkena percikan ludah dari bersin atau batuk yang berasal dari penderita virus Corona. Memegang hidung, mulut atau anggota tubuh penting lain yang rentan terserang atau memudahkan penularan virus Corona setelah terkena cipratan air liur penderita virus Corona sebelumnya.

Penanganan Virus Corona

Infeksi COVID 19 atau virus Corona belum dapat ditangani secara tepat, akan tetapi terdapat beberapa cara dalam memberikan penanganan kepada penderita Coronavirus yang dapat dilakukan oleh pihak instansi kesehatan atau para dokter yang antara lain:

1. Pemberian Obat Pereda Demam secara Tepat

Memberikan obat pereda nyeri serta demam yang cukup aman yang disesuaikan dengan kondisi tubuh penderita.

2. Istirahat Cukup

Sangat dianjurkan bagi para penderita virus Corona untuk beristirahat dengan cukup, menghindari kontak langsung dengan orang lain untuk mencegah penularan.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan memperbanyak minum air putih bagi penderita virus Corona bertujuan untuk menjaga kadar cairan yang terdapat di dalam tubuh.

4. Merujuk Penderita Pada Rumah Sakit yang Ditunjuk

Hal ini bertujuan agar penderita memperoleh perawatan khusus serta karantina dalam hal penanganan Coronavirus pada rumah sakit-rumah sakit rujukan.

Dengan memberikan penanganan virus Corona secara tepat, hal ini bertujuan untuk meredakan gejala serta dapat mencegah penyebaran virus Corona pada orang lain. Penyebaran virus ini dapat kita tekan penyebarannya agar tidak semakin parah dengan menerapkan pola hidup sehat, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan cara paling dasar sering mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun.