Corona

Penyebaran Virus Corona yang Perlu untuk Diwaspadai

Saat ini permasalahan tentang virus Corona memang sedang menjadi perhatian dunia. Virus ini menjadi sangat ditakuti karena penyebaran virus Corona yang sangat mudah terjadi dan sulit untuk dihindari. Virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China ini sudah merambah ke 152 negara. Dari total 152 negara tersebut, sudah terdata jumlah orang yang terinfeksi mencapai 181.562 (78.939 sudah sembuh, 7.138 meninggal dunia).

Penyebaran Virus Corona yang Perlu untuk Diwaspadai
harapanrakyat.com

Penyebaran Virus Corona yang Perlu untuk Diwaspadai

Di Indonesia sendiri hingga saat ini jumlah orang terinfeksi sudah mencapai 172 orang (8 sembuh, 5 orang meninggal). Pemerintah tengah gencar melakukan usaha pencegahan menyebarnya virus yang menyerang pernapasan ini. Untuk membantu mencegah penyebaran penyakit ini, tentu kita harus mengerti tentang penyebaran virus Corona. Dalam pembahasan ini, anda dapat mengerti tentang virus Corona itu sendiri hingga faktor-faktor yang dapat menyebabkan virus ini mudah tersebar.

Virus Corona

Virus Corona atau yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan n-cov merupakan jenis virus yang mirip dengan influenza, namun menyerang alat pernapasan bagian bawah. Berbeda dengan influenza, virus ini dapat menjadi semakin parah bahkan melebihi MERS dan SARS.

Virus Corona ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1960-an. Nama virus Corona berasal dari bentuk dari virus ini sendiri. Bentuk virus Corona memang menyerupai paku atau duri yang berbentuk seperti mahkota (crown), karena itulah nama dari virus ini menjadi Corona.

Sebenarnya virus Corona sendiri terdapat berbagai macam jenis. Dan saat ini yang sedang jadi permasalahan di seluruh dunia adalah jenis move Corona virus (Covid-19). Untuk menghindari penyakit ini, tentu kita harus mengerti tentang penyebaran virus Corona ini.

Bagaimana Virus Corona Menyebar?

Pada awalnya, penyakit ini menyebar secara zoonosis. Zoonosis artinya penyakit yang ditularkan melalui perantara hewan. Dugaan awal mula penyebaran penyakit ini berasal dari kebiasaan kuliner China yang terbiasa memakan hidangan yang terbuat dari hewan-hewan pembawa virus ini contohnya kelelawar.

Selain secara zoonosis, virus ini juga akan menular dari manusia ke manusia. Proses penularan dari manusia ke manusia ini terjadi seperti penyakit pernapasan lainnya. Virus dapat menular lewat cairan tubuh air liur atau lendir (pilek). Menyentuh cairan sebenarnya tidak kemudian akan langsung membuat penyentuh terinfeksi virus ini. Mengingat virus Corona tidak memiliki kemampuan untuk menembus epidermis (kulit) manusia.

Yang menjadi masalah adalah jika virus pada tempat tertentu tersebut telah menempel pada kulit seseorang lalu orang tersebut memegang bagian wajahnya. Hal tersebut dapat menjadi penyebab tertular virus yang satu ini. Hal tersebut yang membuat penyebaran virus Corona menjadi sedikit rumit untuk dihentikan.

Menghindari Kemungkinan Terjadinya Penyebaran

Kini memang sedang ramai pemerintah Indonesia yang mulai membatasi ruang gerak masyarakatnya. Hal tersebut sebenarnya bukan sesuatu yang perlu ditakuti. Pasalnya, kita hanya perlu mengurangi aktivitas di luar ruangan. Dengan melakukan pembatasan gerakan di luar ruangan tentu dapat memperkecil kemungkinan terjadinya penyebaran virus Corona.

Selain mengurangi kegiatan di luar ruangan, perilaku hidup sehat juga dapat mencegah penyebaran virus ini. Virus Corona umumnya tidak akan bisa menyerang tubuh yang memiliki imunitas yang baik. Untuk menjaga imunitas tentu kita harus menjalani pola hidup sehat.

Pola hidup sehat tersebut antara lain memakan makanan sehat, tetap berolahraga dan juga menjaga kebersihan. Dengan menjaga apa yang kita makan, maka kemungkinan memakan bahan makanan yang bisa memperburuk kesehatan dapat ditekan. Rajin berolahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih siap menerima benda-benda asing yang mungkin bisa masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan hidup bersih dapat menjadi tameng pertama kita dalam menghadapi segala macam penyakit, tidak hanya virus Corona saja. Dengan melakukan hal tersebut, tentu penyebaran virus Corona dapat dihentikan.